CARA HIDUP BERMASYARAKAT YANG BAIK DILINGKUNGAN SEKITAR

luangkan waktumu untuk membaca,karena dengan membaca akan
menambah wawasan ilmu pengetahuan kita semoga bermanfaat ya sahabat.
















Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain untuk hidup saling berdampingan. Hal inilah yang membuat seseorang harus mampu hidup bermasyarakat dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Meskipun mungkin selama ini masih ada sebagian orang yang merasa acuh dan kurang peduli dengan lingkungan sekitar, namun sebetulnya dengan menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar maka kita akan merasakan hidup yang lebih nyaman dan membuat kita  lebih betah lagi

sebagai manusia modern hendaknya kita bisa menempatkan diri dilingkungan masyarakat. kita tidak bisa hidup secara individu. di dalam kehidupan sehari hari kita pasti berinteraksi satu orang dengan orang lain dan saling membutuhkan. apalah jadinya bila tidak ada orang disaat kita membutuhkan bantuan. sekuat apapun kita, sehebat apapun kita itu semua pasti ada batasnya. jadi inilah pentingnya berkelompok dalam masyarakat. dengan bersosial dan membaur dalam lingkungan masyarakat, bisa di harapkan terciptanya sebuah kondisi sejatra, rukun, dan damai.

terkadang jaman yang modern sekarang ini,atau bisa dibilang jaman now. tidak serta merta membuat manusia menjunjung tinggi pentingnya kerukunan bermasyarakat. mereka mempunyai pola pikir sendiri, yang kadang menimbulkan konflik dan saling menyalah. sifat egois,menang sendiri atau bahkan tidak peduli dengan sekelilingnya, dan ini banyak sekali yang kita temukan hidup bermasyarakat sekarang ini yang kerap selalu menghantui kita.

 PERILAKU TETANGGA BERMASYARAKAT DENGAN BAIK.

tetangga adalah orang orang yang hidup berdekatan tempat tinggal kita.tetangga ada disamping kiri, samping kanan, depan belakang, maupun diatas dan dibawa jika kita tinggal dirumah susun atau apartemen.sebagai makhluk sosial yang baik kita harus menyesuaikan diri kita dengan lingkungan sosial di sekitar kita dengan para tetangga. kehidupan bertetangga yang baik akan memberikan dampak positif kepada diri kita dengan anggota keluarga kita lainnya.












POLA SOSIAL DALAM MASYARAKAT

kehidupan sosial dalam budaya juga harus diterapkan dengan baik. meningkatkan rasa saling menghormati, saling tolong menolong menjadi poin penting dalam menjalani kehidupan sosial bermasyarakat. adanya kehidupan sosial menandakan bahwa sebagai masyarakat indonesia yang dikenal dengan keramahannya, harus bisa menjaga toleransi antar bangsa sehingga dapat mewujudkan perdamaian antar bangsa.adanya kehidupan sosial menjadikan suatu wilayah selalu menanti aturan yang berlaku wilayah tersebut. sehingga hal yang sedemikian rupa akan membantu mewujudkan pola sosial dalam kehidupan masyarakat yang sebenarnya.

SENYUM DAN MENYAPA

semua hal yang berkaitan dengan kehidupan yang tentram, sebenarnya berawal dari hal hal yang kecil. senyum dan sapa kepada tetangga ketika bertemu atau tatap muka, selain merupakan hal yang penting yang mesti kita lakukan,dampaknya juga akan sangat baik. dimana nantinya kita akan dikenal
pribadi yang menyenangkan dan ramah dengan tetangga kita. terlebih lebih posisi kita sebagai masyarakat pindahan yang baru menetap.

BERIBADAH BERSAMA

hal lainnya yang bisa mendatangkan ketentraman dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat adalah dengan melakukan beribadah bersama dengan orang lain dilingkungan kita.jika kita seorang muslim, maka shalat jamaah dimasjid, selalu akti kegiatan ibadah yang diselenggarakan dilingkungan kita.ini merupakan hal yang baik untuk kita lakukan, agar selain menambah keimanan kita, juga baik untuk kehidupan sosial kita.

GOTONG ROYONG

jika kita selalu bergotong royong dengan warga sekitar, misalnya saja dalam hal kerja bakti yang diadakan  di kawasan di rukun tetangga kita,atau RT, menjadi tenaga sukarelawan untuk membangun fasilitas bersama seperti pos ronda, membangun rumah tetangga, atau tempat ibadah dilingkungan kita, tentu saja masyarakat akan lebih jau lagi mengenal kita. dan kita bisa diterima dikalangan menjadi orang baik dilingkungan kita.

MENJAGA KEAMANAN

ini merupakan salah satu lainnya dalam membangun kehidupan bermasyarakat. menjaga keamanan dilingkungan kita, adalah hal yang bisa menjadi kontribusi kita dalam bermasyarakat. misalnya kita selalu rutin mengikuti ronda disetiap ada penjagaan.

HIDUP SEDERHANA

pada dasarnya, setiap manusia sifat iri, atau dengki lainnya. maka agar kita tidak memicu rasa iri dan dengki dari orang lain, maka harus bersikap sederhana, misalnya saja dari bangunan dari rumah kita,bersikap dan berbicara dengan orang lain dan lainnya. adalah hal penting dalam bermasyarakat, agar nantinya kerukunan dan kehidupan kita dilingkungan juga nyaman, dan jauh dari sifat sombong.

ITULAH SEDIKIT CARA HIDUP BERMASYARAKAT YANG BAIK, SEHINGGA MENJALIN  KEHIDUPAN YANG TENTRAM DAN NYAMAN. KEHIDUPAN KITA JUGA IMBASNYA LEBIH TENTRAM DILINGKUNGAN KITA.

 SEMOGA BERMANFAAT DAN BERGUNA BUAT SAHABAT
SEMUANYA.


SALAM HANGAT DAN PERKENALAN

MUHAMMAD SYUKUR.



.

Komentar

  1. Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU