Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap


Hay sahabat semuanya, jumpa lagi dengan kami, dalam keberlangsungan hidup di dunia bahkan nantinya kelak kita akan menuju kehidupan yang kekal abadi, untuk keberlangsungan itu semua kita memiliki pedoman hadits dari Rasulullah SAW. yang harus kita pahami. Sesuai dengan topik pembicaraan, kali ini kami akan membahas mengenai pengertian hadits dan contohnya lengkap. Mari kita simak penjelasannya.


Pengertian Hadits


Kata hadits berasal dari bahasa arab yakni Al-Hadits yang artinya percakapan, perkataan ataupun berbicara. Dalam istilah umum hadits ialah setiapa tingkah laku yang berasal dari perkataan atau percakapan dan perbuatan Rasululah SAW. Hadits merupakan salah satu panduan bagi seluruh umat islam untuk menjalankan aktivitas baik yang berhubungan dengan duniawi maupun akhirat. Dan juga hadits di jadikan sumber hukum islam kedua setelah Al-Qur'an.

Secara struktur hadits terdiri dari dua komponen utama yakni sanad (rantai penutur) dan matan (redaksi). Sebagai contoh : Musaddad mengabari bahwa Yahya menyampaikan sebagaiman di beritakan oleh Syu'bah dari Qatadah dari Anas dari Rasulullah SAW bahwa ia bersabda (rantai penutur ini yang di namai sanad) : Tidak sempurna iman seseorang di antara kalian sehingga ia cinta untuk saudaranya apa yang ia cinta untuk dirinya sendiri (perkataan inilah yang dinamai matan). Hadits Riwayat Bukhari (Perawi atau orang yang meriwayatkan).

Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah

1. Hadits qauliyah adalah hadits yang berisi perkataan yang langsung di ucapkan Rasulullah SAW didepan para sahabat. Ciri hadits ini ialah diawali denga kalimatRasulullah SAW bersabda dan juga aku mendengar Rasulullah SAW bersabda.

Contoh hadits qauliyah: "Segala amalan tergantung pada niat (HR. Bukhari Muslim)

2. Hadits fi'liyah adalah hadits yang berbentuk pernyataan sahabat yang menggambarkan perilaku atau tingkah laku Nabi yang kemudian dijadikan pedoman atau dasar hukum yang harus diikuti dan dilaksanakan oleh umat islam. Ciri hadits ini ialah diawali dengan pernyataan-pernyataan "adalah Rasulullah.." dan Saya melihat Rasulullah...".

Contoh hadits fi'liyah tentang anjuran sholat: Sholatlah kamu sebagaiman kamu melihat aku bersholat (HR. Bukhari Muslim dari Malik Ibn Huwairits)

3. Hadits taqririyah adalah hadits yang berupa ketetapan nabi yang dilakukan oleh sahabatnya.

Contoh hadits taqririyah:
Diriwatkan oleh Al-Bukhari dan Imam Muslim bahwa sahabat Khalid bin Walid memakan dhab (sejenis biawak) yang kemudian dihidangkan kepada Nabi saw, akan tetapi Nabi enggan untuk memakannya. Lalu sebagian sahabat (Khalid) bertanya: “Apakah kita diharamkan makan dhab, wahai Rasulullah?” Nabi saw menjawab : “Tidak, hanya saja binatang ini tidak ada di negeriku (oleh karena itu aku tidak suka memakannya). Makanlah, sesungguhnya dia (dhab) halal”. (HR. Al-Bukhary dan Muslim)

Dari beberapa contoh hadits diatas hanya disebutkan satu persatu, sebenarnya masih banyak lagi contohnya, namun kita hanya memaparkan satu saja.

Demikian ulasan mengenai pengertian dan contoh hadits qauliyah, fi'liyah dan taqririyah, sedikit banyaknya semoga bermanfaat dan menambah wawasan, trima kasih.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU