LETAK STRATEGIS, ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR


LETAK STRATEGIS, ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR TERLENGKAP

Selamat datang di web kami, Kali ini kami akan membahas mengenai letak strategis, astronomis dan geografis salah satu wilayah di Indonesia, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau NTT secara lengkap dan terperinci. 


LETAK STRATEGIS PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Tidak banyak orang yang tau mengenai Provinsi yang terletak di bagian timur Indonesia ini. NTT namanya, salah satu Provinsi yang memiliki sejuta kekayaan alam Indonesia dan salah satu yang paling di kenal di kancah dunia dan dia masuk dalam kategori 7 keajaiban dunia ialah Pulau komodo. Komodo, binatang purba yang masih ada hingga kini dan di lestarikan serta di lindungi oleh Negara yang terletak di Kepulauan Komodo, NTT. Dia hanyalah satu dari bagian kekayaan alam yang ada di NTT, selain itu masih banyak lagi yang belum kita ketahui, bahkan ada beberapa tempat yang belum 
pernah terjamah oleh tangan-tangan manusia sama sekali.















Namun dari sekian banyaknya kekayaan alam yang ada di NTT, kita belum banyak yang mengetahui letak strategis NTT ini. Nusa Tenggara Timur, untuk menju kesana kita hanya membutuhkan waktu penerbangan 1 jam dari Makassar dan juga 1 jam dari Bali. Yang lebih mengejutkan, kita hanya perlu waktu 1 setengah jam penerbangan dari Negara tetangga yakni Darwin, Australia. Nusa Tenggara Timur, dibagian barat ada Pulau Bali dan Jawa, di bagian utara ada Pulau Sulawesi, dibagian timur ada Negara tetangga yakni Timor Leste dan di bagian selatan ada Negara tetangga juga, yakni Australia.

Selain menggunakan jalur udara, kita juga dapat menjangkaunya menggunakan jalur laut, banyak kapal-kapal PELNI dari hampir 75 persen pulau di Indonesia yang hilir mudik keluar masuk mengantarkan penumpang ke daerah-daerah di wilayah Nusa Tenggara Timur tersebut. Namun perjalanan laut cukup menguras waktu dibandingkan menggunakan jalur udara. Dan juga tidak setiap hari ada jadwal kapal yang masuk di wilayah tempat tujuan kita. Contohnya dari Ibukota Jakarta, kita membutuhkan waktu kurang lebih 4 hari untuk samapai kewilayah NTT, dari Makassar kita membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari untuk menjangkau wilayah tersebut. Meski demikian banyak wisatawan yang juga lebih memilih menggunakan jalur laut, dikarenakan lebih ringan di ongkos ketimbang menggunakan jalur udara yang bisa di bilang cukup menguras kantong. Jika dibandingkan bisa 3 sampai 4 kali lipat lebih murah ongkos yang kita keluarkan untuk menggunakan jalur laut. Yang cepat bisa dibilang mahal dan yang murah cukup menguras waktu, tinggal di sesuaikan dengan kantong masing-masing. Karna itulah NTT memiliki letak yang strategis dan mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat dan hingga kini perkembangan daerahnya terus mengalami kemajuan, terutama di bidang pariwisata.


LETAK ASTRONOMIS DAN GEOGRAFIS PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Apa yang di maksud letak astronomis dan geografis?
Letak astronomis ialah letak suatu daerah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang ialah garis khayal 0 derajat yang melintang dari barat ke timur. Bumi memiliki 180 garis lintang yakni 90 lintang utara dan 90 lintang selatan. Sedangkan garis bujur ialah garis khayal yang menghubungkan bumi dari kutub utara dan kutub selatan. Bumi memiliki 360 garis bujur, yaitu dibagi menjadi 180 garis bujur timur dan 180 bujur barat. Kemudian letak geografis ialah letak suatu daerah atau wilayah berdasarkan daerah daerah lain di sekitarnya. 

Setelah mengetahui apa yang dimaksud letak astronomis dan geografis, kini kita akan membahas perinciannya masing-masing.

1. Letak astronomis
Provinsi NTT terletak pada 8 sampai 11 derajat LS dan 119 sampai 125 BT.

2. Letak geografis

  • Sebelah barat berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat
  • Sebelah timur berbatasan dengan negara Timor Leste
  • Sebelah utara berbatasan dengan laut Flores dan
  • Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia 

Provinsi ini memiliki 566 pulau dan hanya 42 diantaranya yang berpenghuni serta memiliki 21 Kabupaten / Kota hingga saat ini. Salah satu diantara pulau yang berpenghuni tersebut adalah Pulau Flores, Rote, Komodo, Alor, Timor, Rinca, Adonara, Sumba dan masih banyak yang lainnya.

Demikianlah ulasan kita mengenai letak strategis, astronomis dan geografis dari provinsi NTT, semoga bermanfaat.





















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU