PENGERTIAN EKOSISTEM MENURUT PARA AHLI LENGKAP


SEDIKIT MEMBACA AKAN MENAMBAH WAWASAN  DAN ILMU PENGETAHUAN KITA. SEMOGA BERMANFAAT.

PENGERTIAN EKOSISTEM MENURUT PARA AHLI LENGKAP
Perlu kita ketahui pengertian ekosistem, komponen ekosistem,  macam macam ekosistem, dan contoh ekosistem. Secara lengkap dan terperinci.


PENGERTIAN EKOSISTEM MENURUT PARA AHLI


Ekosistem bisa kita didefinisikan sebagai interaksi timbal balik antara makhluk hidup  (biotik) dengan lingkungan sekitarnya (abiotik).
1. Odum (1993) pengertian ekosistem ialah unit fungsional dasar dalam ekologi      yang tercakup organisme dan lingkungan (lingkungan abiotik dan biotik) 
    yang saling mempengaruhi di antara keduanya.
2. Woodbury (1954) menjelaskan bahwa ekosistem adalah kesatuan tatanan 
    secara kompleks yang terdapat habitat di dalamnya. Binatang dan tumbuhan 
    di pertimbangkan sebagai unit kesatuan secara utuh, sehingga 
    semuanya akan  menjadi mata rantai aliran energi dan siklus materi.

3. A. G. Tensley (1935) menjelaskan ekosistem adalah suatu unit ekologi yang di dalamnya terdapat fungsi dan struktur. Ekosistem yang di maksudkan dalam struktur ialah berhubungan dengan spesies deversity pada ekosistem yang strukturnya kompleks maka akan mempunyai keanekaragaman yang sangat tinggi. Adapun fungsi yang di maksudkan A. G. Tensley dan pengertian ekosistem adalah  berhubungan dengan arus energi dan siklus materi melalui komponen komponen ekosistem.

Ekosistem itu sendiri dinamakan suatu unit fungsional dalam ekologi karena merupakan satuan yang terkecil  yang ada komponennya secara lengkap, terdapat ekologi secara lengkap, memiliki relung ekologi secara lengkap, sehingga dalam unit ini siklus materi serta arus energi terjadi sesuai dengan kondisi ekosistem nya.

Satu makhluk hidup dinamai individu. Individu yang berkumpul dan menetap disuatu tempat dan berkembang biak dinamakan populasi. Selanjutnya sekumpulan populasi yang menetap di suatu tempat yang sama dalam kurun waktu yang lama disebut komunitas. Kemudian dari sekumpulan komunitas itulah akan tercipta interaksi antar makhluk hidup yang kita sebut sebagai ekosistem.

KOMPONEN EKOSISTEM

Dari pengertian ekosistem diatas yang kita ambil dari beberapa ahli, telah kita ketahui ada dua macam komponen ekosistem, yakni abiotik dan biotik. Apa itu komponen abiotik dan biotik?

1. Komponen abiotik

Komponen abiotik yakni komponen yang terdiri atas benda- benda tidak hidup, yang mencakup komponen fisik dan kimia dalam suatu ekosistem.
Contohnya : air, tanah udara dan energi.

2. Komponen biotik

Komponen biotik yakni komponen yang terdiri dari makhluk hidup dalam sebuah ekosistem. Dalam komponen biotik terdapat dua pembagian kelompok, yakni komponen biotik berupa organisme autotrof dan organisme heterotrof.

MACAM-MACAM EKOSISTEM BESERTA CONTOHNYA














Jika dilihat dari awal terbentuknya, terdapat dua macam ekosistem. Yakni ekosistem alami dan buatan.

Ekosistem Alami

Ekosistem yang tercipta dengan sendirinya tanpa ada campur tangan manusia ialah yang dinamai ekosistem alami. Berdasarkan lingkungannya, ekosistem alami dibagi menjadi dua, yakni ekosistem lingkungan air dan darat.


1. Ekosistem air (akuatik)

Ciri khas ekosistem ini yakni mempunyai komponen abiotik berupa air.

Ekosistem ini komponen air sebagai ciri khasnya. Contoh ekosistem air mencakup ekosistem air tawar dan laut.

Ekosistem air tawar, ekosistem ini berada dilingkungan sungai (air tawar). Cirinya  ialah kadar garam rendah, suhu tidak ekstrim, terbatasnya cahaya, dipengaruhi iklim dan cuaca. Berdasarkan keadaan air, ekosistem ini dibedakan menjadi 2 yaitu perairan tenang dan mengalir. Sedangkan berdasarkan daerahnya dibagi menjadi 3, yaitu litoral, limnetik dan profundal

Ekosistem air laut, ekosistem yang berada di lingkungan laut. Cirinya ialah kadar garam tinggi, ada kehidupan disetiap bagiannya, ekosistem saling bersambungan, sangat boros terhadap energi. Ekosistem air laut dibagi menjadi 4, yaitu ekosistem air laut dalam, ekosistem terumbu karang, ekosistem estuari, dan ekosistem pantai pasir.


2. Ekosistem darat (terestrial)

Pada zona ini biasanya ditentukan oleh curah hujan dan temperatur. Ekosistem ini biasanya tergantung pada gangguan dan perubahan iklim. Contohnya gangguan kebakaran, pengaruh aktivitas manusia dan lain sebagainya, serta pengaruh iklim juga menjadi pengaruh dalam keberlangsungan ekosistem. Pada contoh ekosistem daratan terdapat 8 jenis ekosistem, yakni bioma hutan hujan tropis, bioma hutan gugur, bioma padang rumput, bioma savana, bioma taiga, bioma tudra, bioma gurun dan bioma karst.

Bioma hutan hujan tropis, hutan ini memiliki ciri diantaranya beriklim tropis, curah hujan tinggi, tanaman yang beraneka ragam serta pohonnya besar dan tinggi.
Bioma hutan gugur, cirinya ialah memiliki 4 musim, intensitas hujan merata, jenis pohon sedikit, pohonnya tidak besar dan tidak rindang.
Bioma padang rumput, padang rumpu ialah dataran luas yang ditumbuhi rumput-rumput. Cirinya ialah curah hujan rendah, sedikit pohon yang mampu hidup, jenis tanamannya hanya rerunputan dan pohon-pohon pendek.
Bioma savana, savana ialah dataran yang diisi oleh rumput dan sedikit pohon. Ciri-cirinya hampir sama dengan padang rumput, yang membedakan hanya curah hujannya yang lebih tinggi.
Bioma taiga, taiga ialah salah satu jenis hutan yang berada di daerah dengan iklim sub tropis dan beriklim dingin. Cirinya ialah pohonnya dengan jenis daun berjarum, jenis pohonnya bersifat homogen, pohonnya berwarna hijau sepanjang tahun.
Bioma tundra,tundra ialah ekosistem daratan yang berada didaerah terdingin di bumi, yaitu antartika dan artik. Cirinya ialah musim dingin sangat lama (9 bulan), selama musim dingin tidak ada cahaya yang masuk, pada musim panas cahaya akan masuk dan membuat tanaman berbunga dan berbuah, tanaman yang berbunga dan berbuah memiliki masa yang singkat.
Bioma gurun, gurun ialah ekosistem kebalikan dari tundra. Cirinya curah hujan hampir tidak ada, daratan tandus berpasir, temperatur udara sangat ekstrim, tanaman yang dapat hidup di daerah ini hanya kaktus.

Bioma karst, karst ialah daerah dengan kumpulan batu gamping. Karst memiliki ekosistem yang berbeda dengan yang lain. Daerah yang renta terhadap erosi dan longsor, tidak subur untuk pertanian.

Ekosistem Buatan

Ekosistem yang dibuat oleh tangan manusia ialah yang dinamakan ekosistem buatan. Fungsi ekosistem ini untuk melestarikan hewan dan dan tumbuhan agar tidak punah serta menjaga ekosistem alami agar tetap seimbang.

Contoh ekosistem buatan:

Waduk, tempat penampungan air yang dibuat oleh tangan manusia.
Suaka marga satwa, ekosistem yang dilakukan untuk melindungi flora dan fauna.
Taman hutan raya, yang sebenarnya hutan alami namun sebagian telah dirubah oleh tangan manusia guna menjaga flora dan faunanya yang terdapat di hutan tersebut.
Kebun binatang, ekosistem dengan konsep konservasi dan spesies hewannya terpisah.
Taman safari, pada ekosistem ini spesies hewannya dikumpulkan dalam satu wilayah yang luas.Sawah, ekosistem ini dibuat sebagai budidaya tanaman padi.


Demikianlah ulasan mengenai pengertian, komponen, macam-macam beserta contoh dari ekosistem. Semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.

Salam hangat dan perkenalan dari saya

MUHAMMAD SYUKUR.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU