6 PESONA INDONESIA YANG MEMUKAU ATAU TERPOPULER DI NTT






6 PESONA INDONESIA YANG MEMUKAU ATAU TERPOPULER DI NTT (NUSA TENGGARA TIMUR)
Anda dapat menikmati pesona alam di nusa tenggara timur yang sangat menakjubkan, terumbu karang yang indah, pantai pantai yang unik dan sangat menantang, serta di dukung dengan warisan budaya yang sangat kaya yang mencerminkan sejarah dan keragaman suku suku ras di indonesia. 

                                                                                           
                                                                                                       






1. WISATA SERIBU GEREJA DI NTT.

Keindahan pesona alam di nusa tenggara timur yang Bisa Kamu Nikmati Selain Pulau Komodo dan masih banyak tempat wisata lainnya.
Di kota beriklim dingin itu, bisa kamu temui rumah ibadah umat Nasrani di berbagai sudut pandang. Semua gedung menawarkan sifat dan ciri khas yang berbeda beda. Bangunan bangunan yang terdapat di ntt ada yang mirip sekali dengan bangunan  masa Portugis,  ada yang menggambarkan campuran budaya nusantara dan protugis, ada pula yang  bangunan bangunan modern. Panorama di ntt membuat atmosfer religi di sana terasa sangat kental sekali. “Kalau lonceng gereja berbunyi, semua kota seperti dipenuhi suara dentingan yang sangat keras dan merdu sekali,”ucap ulfa nur hayati yang pernah berkunjung kesana.
Namun, bukan lantas hanya bangunan bangunan gereja yang ada disana tetapi banyak  rumah ibadah lain. Terdapat masjid yang berdiri di tengah kota yang justru sangat dijaga oleh mayoritas penduduk yang ada disana. Maklum, masyarakat di sana punya rasa toleransi dan berjiwa sosial  yang sangat tinggi sampai saat ini.

2. GUNUNG KALIMUTU













Di ntt ada yang namanya gunung kalimutu yang sangat terkenal sekali, pesona alamnya sangat memukau sehingga banyak sekali orang orang di seluru nusantara ini ramai mengunjunginya. Gunung Kalimutu itu sendiri adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia atau tepatnya berada di Desa Pemo, Kecamatan Kalimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini mempunyai tiga buah danau kawah di puncaknya atau yang lebih dikenal dengan sebutan Danau Tiga Warna gunung Kalimutu. Ketiga danau ini mempunyai warna yang berbeda beda yaitu merah, biru dan putih. sedangkan ketiga warna-warna danau tersebut selalu berubah-ubah warna warnanya seiring dengan perjalanan waktu. Dan sahabat sahabat juga perlu tau gunung kalimutu atau disebut danau tiga warna ini dulu ada gambarnya di uang kertas 5000 ribu rupiah.

Dengan keindahan dan keunikan alam di Puncak Gunung Kelimutu yang sangat fenomena dan menakjubkan sekali Kemenpar menganugrahi tempat ini sebagai Dataran Tinggi Terpopuler Di Indonesia dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia 2106.

3.PULAU ALOR













keindahan alam pulau alor sudah terkenal di nusantara bahkan keseluru manca negara. Pulau Alor itu sendiri adalah sebuah pulau yang luasnya kurang lebih 2.119 kilometer persegi yang terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara timur sebelahan dengan pulau adonara, dan pulau solor. Pulau ini selain mempunyai keindahan dan kecantikan alam yang mempesona dapat dilihat langsung di daratan, dan pantai juga mempunyai keindahan alam bawah laut berupa ikan-ikan langkah dan indah serta karang dan tumbuh-tumbuhan laut yang begitu cantik dan mempesona. Dengan 18 titik selam yang sangat menakjubkan sehingga tidak salah lagi jika Pulau Alor dinobatkan sebagai Tempat satu satunya Menyelam terbaik dan terkenal di Indonesia dalam Anugerah Pesona alam Indonesia 2016. 

Selain mempunyai Objek Wisata Bahari,pulau Alor juga tersedia Objek Wisata yang mempunyai daya tarik yang sangat tinggi secara historis dan kultural yang jarang terjamah dan ramai sekali dikunjungi oleh seluru  wisatawan nusantara. Meski memiliki aksebilitas sangat terbatas, Tapi bagi para pecinta petualangan alam justru menjadi satu tantangan besar dan keunikan tersendiri. Bagi anda yang belum pernah kesana mulai dari sekarang silakan coba keunikan pulau alor di indonesia bagian timur bersebelahan pulau adonara.

4. RUMAH PENGASINGAN BUNG KARNO











Nah sahabat sahabat di ntt juga salah satu tempat yang sangat bersejarah sekali yaitu peninggalan rumah bung karno presiden  yang pertama. Kenapa rumah bung karno bisa ada  di ntt? (nusa tenggara timur). Singkat cerita awal mulanya adalah rumah Pengasingan Bung Karno merupakan salah satunya tempat Presiden Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik. Contohnya seperti Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Flores, NTT selama 4 tahun antara tahun  1934-1938  dari Pemerintahan kolonial Belanda. Selama di Ende, Soekarno dan keluarganya mendiami sebuah rumah yang ada di ende ditengah perumahan perumahan penduduk biasa yaitu milik Abdullah Ambuwaru dan sampai sekarang masih ada di ende.

Setelah pengumuman Indonesia merdeka, akhirnya Soekarno kembali lagi ke Ende dan meminta Abdullah Ambuwaru agar tempat tinggalnya dijadikan salah satu museum sehingga nantinya bisa diceritakan keanak cucu bangsa indonesia bahwa sukarno hata dulu punya salah satu rumah di nusa tenggara timur yaitu terletak di Ende. Pada kesempatan kedua di tahun 1954, Presiden Soekarno meresmikan rumah tersebut sebagai Situs Bung Karno pada tanggal 16 Mei 1954.

Pada tahun 2016, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menganugerahi Rumah Pengasingan Bung Karno sebagai Situs Sejarah yang sangat terkenal dinusa tenggara timur 2016 dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia mengalahkan Gedung Linggarjati di Kabupaten Kuningan Jawa Barat dan Benteng Tolukko di Ternate, Provinsi Maluku Utara (ambon).

5. WAE REBO





6 Keindahan di NTT yang Bisa Kamu Nikmati Selain Pulau Alor masih banyak sekali tempat wisata yang menakjubkan diantaranya seperti wae rebo.
saka laba lido mengatakan, sejatinya Wae Rebo bisa ditempuh sekitar tiga jam dari Ruteng. Di sini terdapat kampung adat yang masih erat mempertahankan budaya aslinya.Banyak Orang-orang bilang, inilah salah satu surga tersembunyi yang berada di tanah NTT. Kalau sudah di sana, kita bakal merasa seperti di atas awan karena pemandangannya yang sangat luar biasa yang belum pernah kamu dapatkan. selanjutnya, untuk menempuh tempat ini, perlu perjuangan estra. kurang lebih ya empat jam lah bisa di sampai. Nah ini sahabat sahabat satu lagi kalau mau ke ntt khususnya di bagian pedalaman ada beberapa syarat yang harus dipatuhi, seperti meminta izin dulu hendak mengambil potret atau gambar.

Sudah siap memakai ransel? Cara mudah menuju Ruteng bisa ditempuh melalui jalur darat dari Labuan Bajo atau Bajawa lho. Dijamin bakal seru sekali, karena di ntt tempat pesona alamnya yang sangat memukau dan alami sekali.

6. pasola












Mungkin sahabat sahabat pernah dengar yang namanya pasola, dan pasola itu sendiri hanya ada di pulau sumba Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu Atraksi atau pertunjukan Budaya terkenal Di Indonesia yang layak Anda saksikan saat diadakan Upacara Adat Nyale.  Pasola merupakan salah satu jenis permainan seperti lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang di pacu kencang oleh dua kelompok yang berlawanan dalam serangkaian upacara tradisional yang dilakukan oleh masyarakat Sumba yang menganut Agama Marapu antara bulan Februari hingga Maret setiap tahunnya.

Pasola diawali dengan pelaksanaan Upacara Adat Nyale. Upacara ini merupakan ucapan rasa syukur atas anugerah yang didapatkan yang ditandai dengan datangnya musim panen dan cacing laut yang melimpah di pinggir pantai. Adat tersebut dilaksanakan pada waktu bulan purnama dan cacing-cacing laut (Nyale) keluar di tepi pantai.

Pasola tidak sekedar menjadi bentuk keramaian, tetapi menjadi salah satu bentuk pengabdian dan aklamasi ketaatan kepada sang leluhur. Pasola menjadi persatuan dan kesatuan antar suku pulau sumba untuk menjalin persaudaraan antara dua kelompok yang turut dalam Pasola dan bagi masyarakat umum serta wisatawan. 

Demikianlah ulasan mengenai pesona alam nusa tenggara timur yang harus kamu ketahui dan masih banyak lagi pesona alam yang ada di nusa tenggara timur. Hal ini membuktikan bahwa Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan salah satu Pesona Indonesia Terpopuler yang wajib Anda kunjungi dan nikmati saat Anda berkunjung ke Indonesia selain ke Pulau Bali dan Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Semoga bermanfaat, dan terima kasih banyak atas kunjungannya.


Salam persahabatan sari saya

MUHAMMAD SYUKUR.

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU