PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP MENURUT PARA AHLI DAN CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP LENGKAP


Rajin membaca akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.

PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP MENURUT PARA AHLI  SERTA CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP LENGKAP
Kali ini kami akan menjelaskan apa itu pengertian makhluk hidup,  serta ciri ciri makhluk hidup secara lengkap dan terperinci.











PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP

Menurut para ahli pengertian makhluk hidup terlengkap dalam ekologi juga di dalam biologi, organisme dalam bahasa yunani ialah (Organon) yang mempunyai arti  ''alat'' adalah kumpulan kumpulan molekul molekul  yang saling mempengaruhi, sehingga dapat  secara stabil juga memiliki sifat hidup.

Didalam  istilah dari organisme kompleks mengacu pada suatu organisme yang mempunyai lebih dari satu sel. Yang sering kita kenal dari nama lain organisme ialah '' makhluk hidup''.Organisme terdiri dari manusia, hewan,  tumbuhan, dan juga mikro organisme.

PENGERTIAN MAKHLUK HIDUP MENURUT PARA AHLI

Pengertian makhluk hidup menurut Kimball (1983).
ada lima ciri makhluk hidup menurut kimball ialah sebagai berikut :

1. Berevolusi.
2. Mengadakan metabolisme.
3. Berreproduksi.
4. Bersifat rumit.
5. Responsif.

Pengertian makhluk hidup menurut Helena Curtis (1975).
Makhluk hidup ialah sesuatu yang :

1. Tumbuh dan berkembang.

2. Merespon bila ada rangsangan.
3. Bereproduksi.
4. Beradaptasi dengan lingkungan.
5. Memanfaatkan energi dari lingkungan dan merubahnya  dari satu bentuk energi dengan energi yang lain.
6. Bersifat homeostatis.
7. Kompleks  dan terorganisir dengan baik.

Pengertian makhluk hidup menurut Dwijoseputro (1998).
Makhluk hidup menurut Dwijoseputro adalah :

1. Mengadakan pertumbuhan.
2. Mengadakan metabolisme.
3. Mengadakan gerak.
4. Responsif.
5. Bereproduksi.

ASAL USUL MAKHLUK HIDUP SECARA BIOLOGI

Asal usul makhluk hidup  menurut pendapat dari beberapa ahli tentang kehidupan makhluk hidup antara lain ialah sebagai berikut :

Teori menurut Aristoteles, untuk mengemukakan pendapat generatio spontanea atau juga Abiogenesis. Isinya adalah : makhluk hidup itu  adalah berasal dari benda mati dengan begitu saja.

Teori Abiogenesis adalah yang mengemukakan makhluk hidup berasal dari benda mati  yang muncul secara spontan karena adanya gaya hidup. Teori Abiogenesis ini juga di katakan (generatio spontanea). Pelopor teori Abiogenesis adalah berasal dari Aristoteles  (394- 322 sebelum masehi).

CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP BESERTA PENJELASAN LENGKAP













CIRI CIRI MAKHLUK HIDUP -  Manusia, tumbuhan dan hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang hanya ada di bumi ini. Sangat banyak sekali terdapat jenis makhluk hidup di muka bumi ini, baik itu hewan, maupun  tumbuhan, yang selalu hidup berdampingan dengan manusia. Manusia membuat sistem klasifikasi makhluk hidup  lima kingdom (pengelompokan) agar lebih mudah kita mempelajari nya.
Dari pengelompokan tersebut terdapat berbagai kebiasaan, ukuran, ekosistem,  bentuk, dan dengan cara hidup yang dimiliki oleh setiap kingdom makhluk hidup. Walaupun demikian semua makhluk hidup memiliki ciri ciri yang membedakan dirinya sendiri dengan benda mati ataupun makhluk mati.

Berikut penjelasan mengenai makhluk hidup

1. Bernapas (respirasi).

Pada manusia bernapas atau respirasi dapat diartikan sebagai proses memasukan oksigen kedalam paru paru dan mengeluarkan gas zat zat sisa. didalam sistem pernapasan manusia terjadi proses pergantian antara karbondioksida  dan gas oksigen.

Oksigen akan di manfaatkan untuk proses metabolisme tubuh dan menghasilkan energi. Oksigen  dilahirkan seluruh tubuh melalui media darah. sedangkan karbondioksida dilahirkan dari seluruh tubuh melalui paru paru. Proses pernapasan bukan hanya manusia saja yang memerlukan, tumbuhan membutuhkan udara untuk mendapatkan makanan dan hewan juga sangat memerlukan udara sama halnya manusia. jadi dapat diambil kesimpulan bahwa ciri ciri makhluk hidup adalah bernapas (respirasi).

Jadi sistem pernapasan makhluk hidup itu tidak sama, karena disesuaikan dengan habitatnya masing masing. Sebagai contoh saja  hewan yang hidup di darat seperti sapi bernapas menggunakan paru paru. Sedangkan hewan yang hidup di laut seperti ikan bernapas menggunakan insang atau sirip nya.

2. Membutuhkan makanan atau nutrisi.

Ciri ciri makhluk hidup sangat membutuhkan makanan atau nutrisi. Misalkan saja manusia lapar pasti membutuhkan makanan demikian hewan juga sangat membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Bagaimana dengan hewan yang hidup di alam bebas? Mereka juga akan berusaha mencari makanan untuk bisa bertahan hidup. Jenis jenis makanan hewan dibagi menjadi tiga golongan. Yang pertama, herbivora adalah hewan yang memakan tumbuh - tumbuhan, yang kedua karnivora hewan yang memakan daging, yang terakhir omnivora hewan yang makan daging dan tumbuhan.

Selanjutnya bagaimana dengan tumbuhan? Tumbuhan juga sangat memerlukan nutrisi atau makan untuk menunjang kehidupan. Melalui fotosintesis, dari proses tersebut tumbuhan  sanggup menghasilkan makanan sendiri dengan bantun cahaya matahari. Selain cahaya matahari, diperlukan karbondioksida juga air.

3. Tumbuh dan berkembang

Manusia dikatakan tumbuh dewasa ketika  tubuhnya  semakin tinggi. Berubah nya bentuk tubuh manusia akibat sel sel di dalam tubuh jumlahnya semakin banyak atau pergantian hormon,  sehingga  bertambah volume tubuhnya. Jika anda bertambah tinggi maka tidak  mungkin kembali menjadi pendek. itu di sebut juga bersifat (irreversibel).

Sementara itu berkembang  proses kedewasaan. Contohnya perkembangan katak. Awalnya telur katak menetes dan berubah menjadi berudu, berubah menjadi katak berekor, lalu menjadi katak mudah, dan terakhir berubah menjadi katak dewasa.

Sifat pertumbuhan manusia dan hewan sangat terbatas, artinya kita hanya bisa tumbuh sampai usia tertentu dan setelah itu pertumbuhannya akan berakhir, sedangkan pertumbuhan biasa tidak memiliki batas usia, maknanya tumbuhan akan selalu tumbuh seumur hidupnya.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian makhluk hidup  menurut para ahli serta ciri ciri makhluk hidup secara lengkap dan terperinci. Semoga bermanfaat.
Terima kasih banyak atas kunjungannya.



Salam hangat dan perkenalan dari saya

MUHAMMAD SYUKUR.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU