TANDA-TANDA SEBELUM KEMATIAN SESEORANG MENURUT ISLAM



TANDA-TANDA SEBELUM KEMATIAN SESEORANG MENURUT ISLAM
Artikel kali ini akan membahas mengenai tanda-tanda sebelum seseorang meninggal dunia sesuai pandangan islam, secara lengkap dan terperinci.











Setiap makhluk yang bernyawa pasti akan meninggal, namun kapan pastinya tiada satupun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT. Semua kematian setiap manusia telah tercatat dengan jelas dalam Lauhul Mahfudz, dan tidak seorangpun yang dapat menghindarinya jika waktu yang telah ditentukan tiba. Namun demikian Allah SWT tetap memberikan tanda-tanda kematian kita agar kita dapat mengetahuinya. Orang yang imannya kuat, biasanya dia akan sadar akan datangnya tanda-tanda kematiannya. Berbalik terbanding dengan orang yang imannya lemah, mereka tidak akan sadar dengan apa yang menjadi tanda-tanda kematiannya sudah dekat. Mereka seakan-akan acuh bahkan tidak peduli dengan tanda-tanda kematian yang sedang menghampirinya.
Allah SWT. akan menurunkan 4 malaikat untuk memberikan tanda-tanda tibanya kematian seseorang. Diantara tanda-tanda tersebut ialah ;

1. Dicabutnya kekuatan oleh malaikat

Malaikat pertama akan datang dan mengambil atau mencabut kekuatan yang dimiliki seseorang tersebut sehingga seseorang tersebut akan lemah dan tidak memiliki daya atau tenaga sama sekali.

2. Diambilnya nikmat makanan oleh malaikat

Malaikat kedua akan datang dan mengambil nikmatnya makanan dari mulutnya, sehingga ia tidak ingin makan makanan yang kelihatannya lezat sekalipun.

3. Diambilnya cahaya terang oleh malaikat

Malaikat ketiga akan datang dan mengambil cahaya terang diwajahnya, sehingga ia akan terlihat pucat, bahkan orang-orang disekelilingnya tidak akan mengenalinya lagi.

4.  Diambil dosanya oleh malaikat

Malaikat keempat akan datang dan mengambil semua dosa-dosa ketika sakit, sehingga ia bersih dari semua dosa-dosanya.

5. Tanda 100 hari sebelum kematian

Ketika lewat waktu ashar, seluruh badan dari ujung kaki hingga ujung rambut akan merasa menggigil, bahkan disertai getaran yang kuat.

6. Tanda 40 hari sebelum kematian

Ketika lewat waktu ashar, jantung kita akan berdenyut kencang. Dan saat itulah daun yang bertuliskan nama kita di lauhul mahfudz akan gugur, dari itulah malaikat akan mengambilnya dan mengikuti perjalanan kita sepanjang harinya.

7. Tanda 7 hari sebelum kematian

Tidak selera makan, namun selalu meminta makanan yang diinginkannya.

8. Tanda 3 hari sebelum kematian

Seseorang akan merasakan denyutan ditengah-tengah dahi. Saat kita merasakan hal ini kita dianjurkan untuk berpuasa agar perut kita tidak terisi kotoran dan najis dan memudahkan seseorang untuk memandikan jenazah kita nantinya.

9. Tanda 1 hari sebelum kematian

Ketika ashar seseorang akan merasakan denyutan 1 kali namun sangat kuat pada ubun-ubunnya, ini pertanda seseorang tersebut tidak akan menemui ashar berikutnya. Bagi yang khusnul khotimah dia akan merasa sejuk pada bagian punggung, pusar dan tenggorokan. Saat kondisi ini kita dianjurkan untuk memperbanyak mengucap kalimat syahadat.

10. Tanda detik-detik akhir sebelum kematian

Tanda terakhir sebelum kematian ialah seseorang akan merasa sejuk dan dingin dibagian punggung, pusar dan tenggorokan.

Jika sepuluh tanda tersebut kita jumpai, kita harus banyak-banyak mengingat dan menyebut Asma Allah SWT.

Demikian ulasan mengenai tanda-tanda sebelum datangnya kematian. Semoga bermanfaat dan ada hikmah yang dapat diambil, agar kita dapat memperbanyak amal baik sebagai bekal kita esok. 


MUHAMMAD SYUKUR









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU