Pengertian Shodaqoh, Keutamaan Dan Manfaatnya Lengkap

Sahabat Ilmu Pengetahuan semuanya, semoga kita masih tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Di artikel kita kali ini topik yang akan kita bahas ialah mengenai shodaqoh. Pengertian shodaqoh dan manfaat yang dapat kita ambil dari shodaqoh semuanya akan kita rangkum satu persatu, mari kita simak pembahasannya.

Pengertian Shodaqoh



Tangan diatas, lebih baik dari pada tangan dibawah. Itu adalah gambaran kecil dari sebuah makna shodaqoh. Shodaqoh sebenarnya berasal dari bahasa Arab yang artinya pemberian sesuatu (barang, uang, jasa atau yang lainnya) dari seorang muslim dengan hati ikhlas kepada orang lain yang tidak di tentukan oleh waktu, siapa yang menerima dan jumlah banyaknya serta hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Shodaqoh bukan hanya mencakup pemberian barang atau harta, melainkan mencakup segala amal perbuatan baik. Misalnya kita melakukan senyum terhadap orang lain, itu sudah termasuk Shodaqoh. Jika seseorang melakukan shodaqoh hendaknya dengan niat yang baik serta memenuhi syariat Islam agar diterima shodaqohnya oleh Allah SWT. Artinya jika ingin menshodaqohkan barang atau harta, hendaknya cara untuk mendapatkannya harus dengan cara yang halal. Dan jika ingin bersodaqoh dengan jasa atau bantuan, hendaknya bukan pada aktivitas kemaksiatan.

Allah telah berjanji di dalam Al Qur'an, jika kita melakukan shodaqoh biar itu hanya sebiji sawi, maka Allah SWT. akan menggantikanyya dengan lebih dari apa yang kita berikan, baik itu berupa pahala atau akan menggantikan senilai dari apa yang kita keluarkan bahkan lebih. Jadi jangan takut untuk melakukan shodaqoh, karna harta yang kita miliki sesungguhnya semua milik Allah SWT. Meski begitu, jangan dijadikan bershodaqoh sebagai tujuan utama untuk mendapatkan balasan yang berlipat ganda. Kebanyakan orang yang melakukan sehodaqoh kemudin menunggu balasan yang berlipat ganda yang tak kunjung datang, maka semuanya akan menjadikan kita ragu terhadap janji-janji Allah SWT. Karna bisa saja Allah SWT menggantikannya dengan hitungan pahala yang berlipat ganda dan kita pasti tetap akan mendapatkan balasannya suatu saat nanti di Yaummul Akhir.

Keutamaan Bershodaqoh


Dalam Firman Allah SWT dan Hadits Nabi, dijelaskan bahwa keutamaan shodaqoh ialah untuk memotifasi kaum muslimin agar giat bershodaqoh. Dan insya Allah semua shodaqohnya akan menjadi tumpuan utamanya di akhirat kelak. Hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa, "Jika seseorang telah wafat (meninggal dunia) maka terputuslah semua amalnya (seluruh perbuatan yang ia lakukan didunia) kecuali 3 perkara, yakni amal jariyyah (sedekah), ilmu yang bermanfaat dan do'a anak yang sholeh".

Bisa kita bayangkan jika seluruh orang gemar melakukan shodaqoh, maka semua orang akan merasakan manfaatnya. Berikut ini beberapa keutamaan bershodaqoh, diantaranya :
  • Mendapatkan naungan Allah SWT diakhirat kelak
  • Disediakan pintu khusus masuk surga
  • Dihapusnya dosa
  • Menghalangi dari jilatan api neraka
  • Diberikan keberkahan pada hartanya
  • Mendapatkan balasan yang berlipat ganda
  • Mencegah seseorang melakukan kecurangan dalam usahanya

Manfaat Bershodaqoh

Setelah mengetahui pengertian shodaqoh dan keutamaannya, kini kita akan jelaskan manfaat apa yang didapat ketika kita melakukan shodaqoh. Dibawah ini beberapa manfaat yang kita dapat ketika melakukan shodaqoh, diantaranya :

1. Memperkuat keimanan
2. Meningkatkan rasa syukur
3.  Dijauhkan dari sifat kikir
4. Memperpanjang umur
5. Meningkatkan empati sosial
6. Menghindarkan kita dari sifat matrealisme
7. Melatih kita untuk bersikap adil dan bijaksana
8. Membangun budaya tolong menolong
9. Meringankan tingkat kriminalitas
10. Meningkatkan kesenjangan sosial ekonomi masyarakat

Demikian pembahasan kita mengenai pengertian shodaqoh, keutamaan serta manfaat yang didapat ketika melakukan shodaqoh semuanya kita telah rangkum satu persatu secara terperinci. Sedikit banyaknya semoga bermanfaat, trima kasih.













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU