Pengertian Zakat, Macam Dan Manfaatnya Menurut Islam

Sahabat setia semuanya, jumpa lagi dengan kami di web Ilmu pengetahuan. Kali ini kami akan menyajikan definisi zakat, beberapa macam zakat serta manfaat yang kita dapat karna melakukan zakat. Kami kembali mengupdate mengenai zakat agar kita lebih mengenal zakat dan tidak meremehkannya, karna zakat merupakan salah satu dari rukun islam dan merupakan rukun islam yang ke empat dan wajib hukumnya bagi setiap umat muslim. Mari kita simak semuanya satu persatu.

Pengertian Zakat



Zakat menurut bahasa artinya suci dan berkembang, yakni menyucikan dan mengembangkan jiwa dari dosa-dosa dengan menginfakan harta di jalan Allah SWT. dan juga untuk menyucikan kita dari segala jenis penyakit hati. Definisi zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh semua umat muslim yang diberikan kepada yang berhak menerima (fakir, miskin, amil, muallaf, hamba sahaya, fii sabilillah, gharim dan ibnu sabill) sesuai dengan syariah yang ditetapkan. Zakat hukumnya wajib dan telah ditetapkan didalam al-qur'an dan hadits, karna zakat merupakan ibadah yang wajib di lakukan setiap umat muslim, yang sama halnya dengan ibadah sholat dan puasa. Zakat merupakan rukun islam yang ke 4.

Orang yang mengeluarkan zakat dinamakan Muzakky. Dan orang yang berhak menerima zakat dinamakan Mustakhiq. Orang yang mengumpulkan zakat dan membagikannya dinamakan Amil Zakat.

Macam-Macam Zakat

Zakat ada dua macam yakni zakat fitrah dan zakat mal dengan definisi sebagai berikut :

1. Zakat Fitrah 9zakat untuk menyucikan jiwa) adalah zakat yang wajib dikeluarkan seluruh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri di bulan Ramadhan. Zakat ini berupa makanan pokok yang ada di daerah masing-masing. Jika di Indonesia makanan pokoknya adala beras, maka zakat yang wajib dikeluarkan adalah berupa beras dengan berat 3,7 Liter atau setara dengan 2,5 Kg.

2. Zakat Mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim sebagai bentuk rasa syukur dan trima kasih atas semua rizky yang diperoleh. Zakat mal meliputi segala hasil pertanian, peternakan, perdagangan, hasil tambang, harta temuan (karun), emas atau perak seta hasil laut. Yang kesemuanya memiliki kadar masing-masing untuk dikeluarkan zakatnya.

Manfaat Zakat

Setelah mengetahui definasi zakat dan macam-macamnya, kini kita akan membahas mengenai manfaat yang diperoleh seseorang yang mengeluarkan zakat. Diantaranya :

1. Memperkuat ketaatan terhadap Allah SWT.
2. Menyucikan atau membersihkan jiwa dan harta
3. Mempererat persaudaraan
4. Membantu seseorang dalam berjuang dijalan Allah SWT
5. Menghapuskan segala penyakit hati (iri, dengki, hasut dan lain-lain)
6. Menumbuhkan akhlaq mulia
7. Memperkuat rasa syukur terhadap Allah SWT
8. Memperpanjang umur
9. Menghapuskan dosa
10. Menanamkan rasa toleransi dan solidaritas antar sesama

Demikianlah ulasan kita kali ini dengan topik zakat. Setelah mempelajarinya, semoga wawasan kita akan bertambah mengenai amalan wajib yang satu ini. Trima kasih telah mampir ke blog kami.












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU