Pengertian Zakat Mal, Jenis Dan Manfaatnya Lengkap

Sahabat semuanya kali ini kami akan membahas mengenai zakat mal, dari pengertian, jenis serta manfaatnya kita akan merangkum semuanya satu persatu.

Pengertian Zakat Mal



Zakat mal ialah zakat yang yang dikenakan harta (hasil panen, tambang, perdagangan, emas dan perak serta barang temuan atau harta karun) yang diberikan (muzakky) kepada orang yang berhak menerimanya (mustakhiq) dan telah memenuhi syarat yang berlaku. Zakat mal bertujuan untuk membersihkan harta. Harta yang dizakatkan dalam zakat mal memiliki takaran atau timbangan masing-masing, sesuai dengan harta apa yang ia miliki.

Jenis-Jenis Zakat Mal


Jenis zakat mal di bagi atas objek zakat, yakni :

1. Zakat hasil pertanian ialah zakat dari segala bentuk hasil panen bumi. Seperti sayuran, biji-bijian, buah-buahan, umbi-umbian dan lain sebagainya.

2. Zakat hasil ternak ialah zakat yang berupa segala macam hasil beternak (sapi, kambing, unta dan lain sebagainya).

3. Zakat perdagangan ialah zakat yang berupa hasil harta yang diperjual belikan dalam berbagai macam. Seperti pakaian, alat-alat kebutuhan, makanan maupun perhiasan.

4. Zakat Emas dan Perak ialah zakat yang berupa harta emas ataupun perak.

5. Zakat Harta temuan (harta karun) yakni zakat yang dikeluarkan atas barang yang ia temukan dan tidak diketahui pemiliknya.

6. Zakat hasil tambang ialah zakat yang dikeluarkan atas usaha tambang, baik hasil bumi maupun laut yang mempunyai nilai ekonomis. Seperti, minyak bumi, batu bara, mutiara dan lain sebagainya.

7. Zakat profesi ialah zakat yang dikeluarkan atas hasil dari profesi yang ia miliki dan telah memenuhi nisab. Seperti profesi, PNS, Dokter, Wiraswasta, Artis dan lain sebagainya.

Manfaat Zakat Mal


Setelah mengetahui pengertian zakat dan jenis-jenisnya, kini kita akan membahas manfaat yang di dapat dari zakat mal, diantaranya :

1. Membersihkan harta
2. Menjauhkan dari sifat kikir dan bakhil bagi si muzakky
3. Mendekatkan diri kepada Allah SWT
4. Dihapusnya dosa
5. Harta mampu mempererat hubungan silaturrahmi seluruh umat muslim (muzakky maupun mustakhiq)
6.  Meningkatkan keimanan terhadap Islam dan Allah SWT
7. Berbagi untuk memenuhi kebutuhan fakir miskin.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai pengertian zakat mal, jenis-jenisnya serta manfaat yang ia miliki. Semoga bermanfaat, trima kasih.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Dan Contoh Hadits Qauliyah, Fi'liyah Dan Taqririyah Lengkap

PENGERTIAN IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM

AKU MELIHAT TUHAN ADA PADA DIRIMU